Monday, May 23, 2011

Abu Vulkanik Gunung Islandia Bisa Capai Inggris

http://sevensummitninoe.files.wordpress.com/2009/01/volcano.jpg?w=480&h=290

London, CyberNews. Abu vulkanik letusan gunung berapi di Islandia yang baru saja meletus dapat mencapai daratan Inggris pada akhir pekan ini. Demikian ramalan para ahli.

Menurut otoritas penerbangan Inggris, tidak ada dampak akibat letusan gunung berapi Grimsvotn di Islandia, Grimsvotn, di wilayah udara Inggris, namun mereka "terus memantau situasi".

Gunung Grimsvotn hari Sabtu mulai mengeluarkan letusan, yang disebut letusan terbesar dalam 100 tahun terakhir.

Setahun lalu, abu vulkanik dari letusan gunung Eyjafjallajokull dapat mencapai sebagian wilayah Eropa, dan membuat penerbangan di wilayah itu mengalami kekacauan.

Semua negara Eropa saat itu melarang perusahaan penerbangan mengoperasikan pesawatnya. Ini tercatat sebagai penutupan jalur wilayah udara terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

Namun, menurut juru bicara badan meteorologi, letusan terakhir yang terpantau dari gunung berapi Grimsvotn tampaknya tidak akan menimbulkan dampak seperti Eyjafjallajokull, meskipun saat ini larangan terbang telah diberlakukan di wilayah sekitar gunung tersebut.

Cuaca jauh lebih berubah dan banyak ketidakpastian. Abu vulkanik itu tak akan bergerak ke daratan Inggris besok atau setelahnya. "Namun mungkin saja kita akan melihat abu vulkanik itu pada akhir pekan ini," sebutnya.

Otoritas penerbangan Islandia telah menerapkan zona larangan terbang di sekitar gunung berapi itu, menutup bandar udara Keflavik, serta membatalkan semua penerbangan domestik. Gunung Grimsvotn telah mengeluarkan asap putih hingga ke udara dan mencapai ketinggian hingga 15 km.

Dalam 24 jam terakhir, tidak ada laporan yang menyebutkan dampak abu vulkanik dari letusan gunung berapi itu. "Kami memantau terus letusan itu," kata otoritas organisasi penerbangan sipil. "Kami juga terus saling kontak dengan pejabat lalu lintas udara kantor meteorologi."

( BBC / CN31 )

No comments:

Post a Comment