Saturday, December 5, 2009

REVIEW, SPESIFIKASI NEW YAMAHA JUPITER Z 115cc

Mesin masih menganut 4 tak, SOHC, 2 valve. Kapasitas mesin 115cc. Bila menilik diameter dan langkahnya,tidak berbeda dengan varian Vega ZR 50 mm x 57,9 mm. Dengan langkah yang lebih panjang maka dikategorikan mesin over stroke, maka karakternya bengis di putaran bawah hingga menengah. Memang disesuaikan dengan Mesin masih menganut 4 tak, SOHC, 2 valve. Memang disesuaikan dengan kebutuhan ibukota yang cenderung stop and go. Sesuai pula bagi yang berada di pegunungan yang membutuhkan akselerasi. Hal ini ditunjang perbandingan gigi yang cenderung rapat yang lazim disebut close ratio.

Sistem kopling tak berbeda dengan Vega ZR menganut sistem diafragma, atau yang lazim disebut kopling matahari. Sistem transmisi seperti mengikuti tren motor jenis underbone yaitu sistem rotary hal ini untuk memudahkan pengendara ketika berhenti di gigi 4 dapat lebih mudah menetralkan.

Karburator dipilih jenis VM17SH yang dilengkapi dengan coasting enricher agar menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang ideal sehingga emisi gas buang lebih rendah.Seperti produk Yamaha lainnya, sudah dijejali teknologi ramah lingkungan Air Induction System (AIS).

Seperti generasi Jupiter sebelumnya terdapat teknologi piston cooler yang merupakan teknologi yang berbasis motor balap Yamaha di ajang World Superbike. Mantap !

Muffler didesain agar lebih aman karena dilengkapi tiga protector dan dijamin ramah lingkungan. Juga dirancang terdiri atas dua bagian, silincer dan leher knalpot. Sehingga memudahkan dalam penggantian.

Jupiter series telah dikenal sebagai motor yang memiliki rangka yang lentur dan diakui sejak era 2 tak hingga kini.

Ditilik dari desain bodi seperti generasi sebelumnya, menawarkan desain futuristis, mewah, dan modern. Jok dibuat lebih lebar untuk memberikan kenyamanan. Di bawahnya, tersedia jok yang dilengkapi dengan tutup.Untuk sekadar menyimpan tool kit dan jas hujan terlipat rapi sudah lebih dari cukup. Untuk mengaksesnya tak perlu lagi ritual cabut kunci di bawah setang kemudian meletakan di bawah jok karena dengan satu lubang kunci dapat mengakses jok. Memang bukan kali pertama, karena Suzuki New Shogun sudah ada. Bagi yang telah familiar dengan Yamaha Nouvo pasti dengan mudah memahaminya.

Tersedia dengan dua varian, velg jari-jari dan velg CW yang tentu mampu dijejali karet bundar tipe tubeless. Tidak seperti generasi sebelumnya, motor anyar Yamaha ini kali ini bagian haluan dikawal cakram piston tunggal saja sedangkan belakang cukup mengandalkan teromol, seperti Jupiter MX , motor ini dibekali aki maintenance free.

Yang pasti, eksistensi Jupiter di dunia balap tak terbantahkan.Di mata masyarakat sendiri performanya tak diragukan lagi. Yang masih menjadi tanda tanya adalah harga yang belum jelas. Tapi diprediksi, kurang dari 15 juta. Semoga......



No comments:

Post a Comment