Saturday, June 25, 2011

Tipe data pada C++

Setelah kemarin kita membuat program perkenalan.cpp , sekarang kita akan membahas lebih dalam.Secara bertahap tentunya . Di bagian ke dua ini saya akan membahas Tipe Data . Apa itu tipe data dan apa fungsi nya ?

Tipe bisa kita terjemahkan juga sebagai jenis. Tipe Data disini maksudnya adalah jenis data yang ada di program C++ kita nantinya, baik pada proses input, penyimpanan dalam variabel, maupun saat proses output. Agar data yang kita gunakan dapat dibaca/dikenali dan di olah ,oleh C++ maka kita harus memperkenalkan nya pada Tuan C++ ini.Nah proses pengenalan Tipe Data/variabel kita sebut dengan proses “Pendeskripsian Tipe Data”.

Tipe data yang ada di bahasa C++ dapat di lihat di bawah ini :

tabel tipe data

Sebagai contoh :

tipe data integer = bilangan genap 1- 10

tipe data char = ‘a’ , ’1′ , ‘:’,’#’, “bsi”,”mahasiswa”

* penulisan karakter selalu berada di dalam tanda kutip tunggal ( ‘ ), dan jika yang kita tulis adalah string maka kalimat tersebut harus di apit oleh tanda kutip ganda ( ” ) .

Ada kala nya angka dikenali sebagai String dan adakalanya juga di anggap sebagai Bilangan/Numerik. Kapan kita deskripsikan angka itu tadi sebagai String. Saat kita tidak membutuh kan untuk melakukan operasi aritmatik (* , / , + , – ,% ) terhadap angka tadi.

Misal kita masukan no.Handphone ,apakah nantinya kita akan meng-kali kan no HP ini atau mungkin kita akan menjumlahkan no HP tersebut.Tentu saja tidak, nah dalam kasus inilah kita bisa menentukan bahwa angka dalam no HP tersebut kita kenalkan sebagai String.

No comments:

Post a Comment