Friday, July 22, 2011

Uruguay melaju ke babak final Copa America 2011




Uruguay melaju ke babak final Copa America 2011 yang akan digelar di Stadion Monumental, Buenos Aires, Minggu (24/7) atau Senin (25/7) dini hari waktu Indonesia. Diego Forlan dkk akan menghadapi Paraguay di partai puncak.

Apa keunggulan Uruguay hingga mampu masuk final, melebihi pencapaian dua raksasa sepak bola Amerika Latin, Brazil dan Argentia?

Melihat dari permainan anak asuhan Oscar Washington Tabarez selama babak penyisihan Grup C, Uruguay sebenarnya tidak tampil mengesankan. Main tiga kali, tim biru langit hitam itu cuma menang sekali dan dua kali main imbang.

Uruguay pun berada di posisi kedua di bawah Cili.

Di perempat final dan semi final karakter asli Uruguay baru terlihat: kolektivitas tim.

Uruguay memang tidak mengandalkan satu atau dua pemain bintang. Tidak seperti Argentina yang mendewakan Lionel Messi atau Brazil yang menaruh harapan setinggi langit ke pemain muda Neymar.

Tabarez menekankan untuk bermain kompak, saling mendukung dan menutupi lubang yang ditinggalkan rekan setim. Meski punya banyak penyerang tajam, Uruguay bertumpu kepada lini tengahnya yang bermaterikan pemain-pemain pekerja keras.

Di sektor gelandang ada Alvaro Gonzalez (nomor 20), Egidio Arevalo (17), Alvaro Pereira (11) dan Walter Alejandro Gargano (5). Dengan pelapis seperti Sebastian Eguren (8) dan Abel Hernandez (18), permainan tim Uruguay lebih seimbang dalam bertahan dan menyerang.

Mereka juga mampu lebih menekan saat kehilangan bola. Ini membuat tim lawan sulit berkembang. Nama Walter Gargano patut mendapat pujian karena menjadi jangkar di lapangan tengah Uruguay. Tenaganya yang kuat dan mobilitasnya membuat pemain Napoli ini menarik perhatian.

Meski tidak punya karakter gelandang playmaker, Uruguay tetap kreatif. Kombinasi bek sayap dan penyerang yang rajin melakukan manuver, cukup membuat tim lawan kesulitan.

Jadi terbukti sudah kalau Uruguay lolos ke semi final Piala Dunia 2010 dan final Copa America 2011 bukan cuma karena beruntung. Apakah mereka mampu meraih gelar ke-15 Copa America sekaligus mencatatkan rekor?

No comments:

Post a Comment