Saturday, July 30, 2011

Optimus Prime

Karakter dalam seri Transformers
Optimus10108pieces.jpg
Optimus Prime film 2007
Optimus Prime
KelompokAutobot
Nama JepangConvoy
Sub-GrupPrimes
Powermaster
Action Master
Go-Bots
Autorollers
Voyagers
Leaders
KegunaanAutobot Leader
RekanRoller
Hi-Q (Powermaster)
Marissa Faireborn (Kiss Player)
Semboyan"Freedom is the right of all sentient beings." (Generation 1)
"No sacrifice is too great in the service of freedom."(Classics)
Bentuk AlternatifFreightliner Cab-over-engine Class 8 tractor (Later forms have usually been variants of the original)
Cybertronian truck (Various Comics)
Cobra Sentry Missile System tank (Devil's Due)
1920s style truck (Devil's Due)
Kenworth Truck (Combat Hero)
Mid'90s Western Star4964EX Tanker Truck (Laser Rod)
Lamborghini Diablo (Go-Bot)
Dump truck (Autoroller)
Dodge Ram SRT-10(Alternator)
SeriSeluruh seri Transformers (Jepang dan Amerika Serikat)
Optimus Prime (Convoy dalam versi Jepang) adalah nama untuk karakter robot fiksi dan tokoh protagonis dari serial The Transformers. Ia merupakan pemimpin grup Autobots. Optimus adalah salah satu karakter Transformers yang paling banyak dikenal oleh masyarakat dunia selain Megatron,StarscreamSoundwaveIronhideWheeljack dan Bumblebee.



Transformers film

Profil

Dalam film Transformers tahun 2007, Optimus Prime tampil sebagai pemimpin Autobots. Kali ini Prime hadir dengan wajah baru yaitu memakai sasis truk Peterblit, tanpa badan kontainer trailernya. Wajah truk Optimus Prime kali ini berwarna biru strip lidah api. Rumor mengatakan bahwa corak warna cat Prime diinspirasikan dari bodi mobil NASCAR Jeff Gordon. Beberapa elemen klasik dari Optimus Prime tahun 1984 tidak dihilangkan seperti stiker biru yang menghiasi bagian samping truk, dan knalpot diatas udara.
Pengisi suara Optimus dalam film ini adalah aktor original Optimus di Transformers G1, yaitu Peter Cullen. Di versi bahasa Jepang, kembali lagi Tessho Genda menjadi pengisi suara Optimus Prime seperti yang dilakukannya di Transformers G1 versi Jepang.

The Movie 2007

Optimus Prime datang ke Bumi setelah sebelumnya didahului oleh anak buahnya, Bumblebee yang datang dengan sistem percakapan yang kacau. Ia datang ke Bumi bersama JazzIronhide, danRatchet. Ia menemui Sam dan Mikaela yang saat itu dibawa oleh Bumblebee untuk menemui Prime. Prime mengaku bahwa ia belajar bahasa bumi melalui sistem world-wide-web. Tujuan Optimus Prime datang ke Bumi adalah untuk menemukan Allspark (kubus energon dalam versi kartun) dan menghancurkan Megatron. Letak Allspark tergambar jelas dalam koordinat di kacamata kakek Sam.
Ironhide kemudian bertanya kepada Optimus, kenapa ia mau bersusah payah untuk menolong manusia? Optimus menjawabnya, bahwa manusia itu walaupun primitif dan keras, namun kehidupan mereka sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kita (para Transformers). Dan Optimus juga menerangkan bahwa manusia itu termasuk makhluk hidup. Dan semua makhluk hidup berhak atas perdamaian abadi di alam semesta ini.
Saat bertarung dengan Megatron, Optimus meminta agar Allspark dimasukkan kedalam dadanya supaya ia dan Megatron hancur. Namun Sam menolak dan memutuskan untuk memasukkan allspark kedalam tubuh Megatron, hingga akhirnya Megatron tewas. Di kubu Autobots sendiri hanya kehilangan satu anggota yaitu Jazz.
Diakhir cerita film ini Optimus Prime berkata kepada seluruh anggota Autobots yang masih mencari tempat tinggal di luar angkasa (dalam bahasa Inggris):
With the Allspark gone, we cannot return life to our planet, and fate has yielded its reward, a new world to call home. We live among its people now, hiding in plain sight, but watching over them in secret: waiting, protecting. I have witnessed their capacity for courage, and though we are worlds apart, like us, there is more to them than meets the eye. I am Optimus Prime, and I send this message to any surviving Autobots taking refuge among the stars. We are here. We are waiting!
Dan setelah itu, Optimus Prime bersama para Autobots yang tersisa (IronhideBumblebee, dan Ratchet) akhirnya memutuskan untuk menetap di Bumi, melindungi dan berteman dengan umatmanusia di Bumi secara damai.

Revenge of the Fallen 2009

Dalam Revenge of the Fallen, Optimus datang ke ShanghaiChina, di mana Demolishor mengatakan pada Optimus bahwa The Fallen akan bangkit kembali. Kemudian Galloways bertarung dengan Optimus dan membuat keadaan seolah-olah hanya Decepticons yang ada di alam semesta ini dikarenakan Autobots pindah ke Bumi. Optimus lantas menegaskan bahwa bisa saja ucapannya itu salah karena bila diminta, Autobots akan kembali lagi ke Cybertron. Lantas Optimus bertarung dengan MegatronStarscream, dan Grindor untuk melindungi Sam dari kejaran tiga Decepticons tersebut. Ketika Optimus sibuk dengan Starscream dan Grindor, Megatron secara tiba-tiba menusuk dada Optimus dari belakang dan menghancurkan spark miliknya, dan menyebabkan Optimus wafat. Tetapi Sam, begitu mengetahui bahwa kekuatan Matrix of Leadership bisa mengembalikan kehidupan Optimus, segera membawa rangka Optimus ke Mesir. Optimus kembali hidup setelah Sam memasukan Matrix of Leadership ke dalam lubang spark-nya. Namun, dengan kekuatan teleportasinya The Fallen mengambil kembali Matrix of Leadership untuk digunakan dalam mesin pemanen Energon. Melihat Optimus yang sekarat, Jetfire memberikan spark-nya untuk Optimus dan mentransplantasi tubuhnya ke tubuh Optimus dan menjadi Jet Prime dan dapat mengalahkan Devastator, menghancurkan spark milik The Fallen, dan menghancurkan mesin pemanen Energon. Berkat spark milik Jetfire tenaga Optimus saat ini adalah yang terkuat dibandingkan dengan semua Autobots dan Decepticons yang ada.

No comments:

Post a Comment