Wednesday, February 23, 2011

Petir, Hindari Tempat Terbuka

Petir, Hindari Tempat Terbuka

Pernyataan yang paling penting bagi semua orang untuk memahami, mengingat dan mengambil tindakan adalah: TIDAK ADA TEMPAT DI LUAR RUANGAN YANG AMAN dari sambaran kilat SAAT BERADA DI DEKAT BADAI PETIR!

Rencanakan kegiatan anda pada kondisi cuaca tertentu agar terhindar dari bahaya ancaman kilat. Jika anda akan berada di luar ruangan, sebelumnya ketahui perkiraan dan pola cuaca di lokasi setempat.

# Saat berada di luar, gunakan "Aturan 30-30 " guna mengetahui kapan waktu untuk mencari lokasi yang lebih aman.

• Jika melihat kilat, hitung lamanya waktu sampai mendengar suara petir. Jika 30 detik atau kurang, pergilah ke tempat yang lebih aman. Jika tidak melihat adanya kilat, hanya mendengar suara petir maka mencari perlindungan adalah suatu hal yang baik untuk dilakukan.
• Tunggu selama 30 menit atau lebih setelah mendengar suara petir terakhir sebelum meninggalkan lokasi yang aman.

# Tempat yang paling aman umumnya adalah bangunan yang benar-benar tertutup misalnya rumah. Setelah berada di dalam,

• Menjauhlah dari jalur konduksi listrik dari luar, perlengkapan listrik dan jaringan pipa.
• Jika anda berada di dalam rumah dan sedang menyalakan komputer/laptop atau eletronik lainnya segera mematikannya. Sambaran kilat dapat menjalar melalui media disekeliling kita dan berinteraksi dengan barang elektonik tersebut.
• Jika anda tidak dapat pergi ke bangunan tertutup, kendaraan dengan atap logam solid dan bagian samping terbuat dari logam adalah alternatif yang baik.
• Hindari kontak dengan jalur konduksi yang menuju ke luar. Kendaraan terbuka (convertible) dan bak terbuka (open-framed) tidak termasuk sebagai tempat berlindung dari sambaran kilat.

# Jika tidak dapat pergi ke lokasi yang lebih aman,

• Hindari kegiatan dan lokasi yang membahayakan.
• Hindari elevasi yang lebih tinggi, area terbuka, obyek berukuran panjang dan terisolasi, kegiatan yang berhubungan dengan air, dan kendaraan terbuka.
• Hindari bangunan terbuka yang tidak berpelindung seperti paviliun piknik, tempat berteduh, dan halte bis. JANGAN BERTEDUH DI BAWAH POHON SELAMA BADAI PETIR!

# UPAYA TERAKHIR

• Jika berada di luar dan jauh dari tempat yang lebih aman serta merasa kilat akan mendekat, maka kilat tersebut akan memberikan peringatan selama beberapa detik yaitu: kulit dan bulu merinding, benda ringan terbuat logam bergetar, melihat adanya korona, dan/atau mendengar suara gemeretak.
• Jika anda berada dalam kelompok, menyebarlah sehingga terdapat beberapa tinggi badan di antara setiap orang. Setelah menyebar, membungkuklah – rapatkan kaki, ambil posisi jongkok, tundukkan kepala, dan tutup telinga anda.
• Jika ancaman sambaran kilat telah lewat, lanjutkan menuju ke tempat paling aman yang memungkinkan.
• Ingatlah, ini adalah upaya terakhir; anda akan lebih aman jika mengikuti arahan di atas dan menghindari situasi berisiko tinggi ini.


Langkah pertolongan pertama jika seseorang tersambar petir adalah dengan mengubungi emergency line. Semua kematian karena sambaran petir adalah akibat terhentinya jantung atau pernapasan saat tersambar kilat. CPR atau resusitasi mulut ke mulut direkomendasikan untuk pertolongan pertama.

No comments:

Post a Comment