Sunday, April 17, 2011

Agar Materi Presentasi Kita Tidak Terkesan Seadanya

"iki lho sing iki mosok ga ketok to...?"

"iki lho sing iki mosok ga ketok to...?"

Oke berikut ini ada sharing sedikit mengenai beberapa tips agar materi presentasi yang kita buat tidak terlihat biasa, seadanya, amatir dsb.. :) Tapi emang masih banyak tips lainnya ntar kalo ada yang mau nambah ya silahkan aja..

A.Untuk background / template

  1. Hindari inkonsistensi pada background, jangan terlalu variatif. Terkadang kita beranggapan semakin variatif background kita maka presentasi akan semakin menarik. Menurut pengalaman hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan cenderung terlalu terlihat “pemula” :)
  2. Gunakan gambar-gambar / background yang relevan dengan tema power point kita, gue saranin gunakan template. Template dapat kita cari di internet buanyak sekale… Tanya aja sama om google.
  3. Atau bisa juga kita buat template kita sendiri, guampang kok kalau mau belajar. Yang perlu digaris bawahi bila kita berencana buat template sendiri adalah jangan sampai backgound yang kita gunakan terlalu menyita perhatian audience ketimbang isi dari presentasi kita itu sendiri. Kalau memang perlu untuk kita tampilkan maka pasang saja di awal slide/ di bagian judul saja. Atau bisa juga di slide terakhir

B.Setting font / huruf

  1. Pada font, gunakan warna-warna yang kontras namun tetap sejuk dipandang mata. Misal kita menggunakan background putih, hindari pewarnaan font dengan warna merah (terlalu menyala) atau kuning muda (tidak nampak karena terlalu dekat dengan warna putih)
  2. Bila kita menggunakan beberapa warna pada huruf dalam sebuah slide usahakan jangan lebih dari 3 warna
  3. Ukuran font jangan terlalu kecil agar tetap bisa terbaca ketika kita tampilkan presentasi kita melalui media proyektor
  4. Urutan ukuran sebaiknya disesuaikan dengan status kalimatnya: Untuk Judul–>ukuran yang paling besar, sub judul–>ukuran lebih kecil, isi–>lebih kecil lagi dan detail –> lebih kecil lagi

C.Image / gambar bantu

  1. Gambar yang berhubungan dengan materi presentasi sebaiknya tajam jelas dan cerah. Juga dalam ukuran resolusi yang pas. Ukuran pas di sini dalam artian jangan terlalu kecil agar tampilannya tidak pecah atau jangan terlalu besar karena bisa menambah besar ukuran file presentasi dan juga tentunya jika file terlalu besar akan memperlama waktu loading gambar ketika presentasi kita jalankan.
  2. Image yang bersifat aksesories / hiasan ukuran visualnya jangan terlalu besar dan bentuknya jangan terlalu menyita perhatian audience. Usahakan ada korelasi antara image aksesoris ini dengan slidenya. Misalnya jangan sampai terjadi kita pasang image aksesories berupa gambar naruto di slide presentasi kerjaan kantor :) tapi kalau sekedar untuk selingan humor dibolehkan asalkan tidak pada bagian-bagian inti materi dan tidak terlalu sering.

No comments:

Post a Comment