Friday, November 5, 2010

Gonzales Resmi WN Indonesia

JAKARTA, (PRLM).- Penantian panjang striker Persib Bandung asal Uruguay Christian "El Loco" Gonzales untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) akhirnya terkabul. Rabu (3/11) lalu, secara resmi El Loco telah mengantongi passport Indonesia yang menandakan keabsahannya menjadi WNI.

WINA/"PRLM"

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif menuturkan, sejak awal pihaknya sebenarnya memasukkan empat berkas pemain asing yang akan di naturalisasi yakni Gonzales, John van Beukering, Rafael Guillermo E. Maitimo, dan Kim Jeffry....

Dalam prosesnya, menurut Iman, kelengkapan dokumen sudah ada, namun belum ada kepastian bisa atau tidak dari pihak Menpora dan Menkumham untuk mempercepat proses naturalisasi.

Karena tenggat waktu pendaftaran AFF, maka BTN, kata Iman, memilih satu pemain yang sudah pasti bisa di naturalisasi dengan cepat. "Gonzales bisa cepat karena dia sudah memiliki persyaratan untuk menjadi warga negara Indonesia yakni tinggal dan menetap di Indonesia sekurang-kurangnya lima tahun berturut-turut, dan dia juga telah memiliki istri Indonesia, jadi lebih mudah," ujar Iman saat jumpa pers BTN di Resto Asam Pedas, Jakarta, Jumat (5/11).

Menurut Iman, Christian secara resmi menjadi WNI 3 November lalu, sesuai dengan tanggal pengeluaran paspor Indonesia miliknya. "Khusus Gonzales, lama pengurusan sekitar satu bulan. Meski kondisinya under pressure untuk dia (Gonzales), karena semua mata pastu akan tertuju padanya, namun dia sudah menciptakan sejarah sebagai pemain naturalisasi pertama di Indonesia," tuturnya.

Sementara tiga pemain asing calon naturalisasi lainnya, menurut Iman ditargetkan bisa masuk skuad timnas pra Piala Dunia. "Ketiga pemain lainnya mudah-mudahan proses naturalisasinya 2-3 bln kedepan bisa selesai. Mereka ini harus melalui Kepres dan persetujuan DPR dan Menkumham, jadi prosesnya lebih panjang dan rumit," ucap Iman mengaku. (A-161/A-26).***

No comments:

Post a Comment