Thursday, June 24, 2010

Kapan Kiamat Terjadi

Kapan Kiamat Terjadi

Kiamat pasti terjadi! Itu telah menjadi keyakinan kita sebagai muslim yang beriman. Percaya akan adanya hari kiamat merupakan salah satu rukun iman. Tetapi kapankah kiamat terjadi?. Tidak ada seorang pun yang tahu, kecuali Allah swt, Rasulullah sendiri tidak mengetahuinya, sebab semua itu menjadi rahasia Allah swt, yang tidak diberitahukan kepada hambahNya. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam firmanNya:

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: Bilakah terjadinya? “Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah sisi pada tuhanku, tiada seorang pun yang dapat menjelaskan sewaktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang dilangit dan dibumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu, seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya”. (Surat Al-A’raf: 187).

Meskipun dalam firman Allah di atas menegaskan, bahwa hanya Allah lah yang mengetahuinya, tidak ada satupun makhluk di alam ini yang mengetahui tentang kapan hari kiamat itu terjadi, setidak-tidaknya Allah telah memberikan tanda-tanda yang menunjukan bahwa kiamat itu sudah dekat.

Adapun tanda-tanda yang menunjukan tentang dekatnya hari kiamat itu terbagi dalam dua, yaitu: Tanda-tanda sughra dan tanda-tanda kubra. Adapun yang termasuk dalam tanda-tanda sughra adalah:

- Merajalelanya perjinahan.
- Kemaksiatan dan kedurhakaan sudah menjadi hal yang biasa.
- Merajalelanya orang yang minum khamer (arak)
- Banyak wanita yang dengan bangga memamerkan auratnya.
- Jumlah kaum wanita lebih banyak dari pada jumlah kaum lelaki.
- Banyak orang membangun dan mempercantik masjid,tetapi sedikit orang yang beribadah didalamnya.
- Dan masih banyak lagi hal-hal yang menunjukan tentang dekatnya hari kiamat.

Adapun tanda-tanda kubra yang menunjukan akan datangnya kiamat adalah sebagai berikut

- Keluarnya Dajjal.
- Keluarnya Imam Mahdi.
- Keluarnya Ya’juj Ma’juj
- Turunnya Nabi Isa a.s.
- Terbitnya matahari dari arah Barat.

Sumber: Menyingkap 110 Misteri Alam Kubur

No comments:

Post a Comment